Kamis, 04 Maret 2010

Membuat Validasi Email dengan PHP

0 komentar
Jika kita berselancar di dunia maya, tentu kita sering mendapati adanya fasilitas untuk memasukkan alamat email kita. Kebanyakan digunakan sebagai bentuk otentifikasi keanggotaan di dalam komunitas atau website tertentu. Tidak seperti bentuk input-an yang lainnya, seperti username, alamat, dan sebagainya, bentuk input-an berupa email perlu divalidasi dari karakter yang dimasukkan.

Untuk membuatnya, kita memerlukan perintah preg_match() di PHP. Sebagai contoh, kita buat sebuah form dimana user diminta untuk memasukkan alamat emailnya.

<html>
<head> </ head>
<body>
<form action="validate.php" method="post">
Masukkan alamat e-mail: <input type="text" name="e-mail">
</ body>
</ html>

Dari script di atas, dapat dilihat bahwa isian form itu akan dikirim ke dalam file validate.php . Dengan beranggapan bahwa memasukkan e-mail dibutuhkan dalam proses berikutnya, sangat penting untuk memastikan bahwa email yang dituliskan sah sebelum menggunakannya.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan regular expression, yang memeriksa format alamat e-mail dan memastikan bahwa itu sesuai dengan format standar email seperti user@domain.ext , name1_name2@domain.ext, dan name1.name2@domain.co.id. Berikut adalah contohnya :


<?php
     if (! preg_match ("/^([a-z0-9\+_\-]+)(\.[a-z0-9\+_\-]+)*@([a-z0-9\-]+\.)+[a-z]{2,6}$/ix ", $ _POST [ 'email']))    {
            echo "Alamat email yang dimasukkan tidak valid";
    }
     else    {
           echo "Alamat email benar";
    }
?>


Dari script eksekusi di atas, program akan mengecek apakah alamat e-mail yang dimasukkan sesuai dengan format yang diizinkan atau tidak. Ini dilakukan dengan perintah regular expression  /^([a-z0-9\+_\-]+)(\.[a-z0-9\+_\-]+)*@([a-z0-9\-]+\.)+[a-z]{2,6}$/ix .

Anda dapat mempelajari lebih jauh lagi mengenai regular expression ini di http://www.regular-expressions.info/reference.html . Semoga bermanfaat.

Comments

0 comments to "Membuat Validasi Email dengan PHP"

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com Free Blogger Templates